[X]

You Are Reading

0

Kartu Tarot

Raneblack 12 Mei 2009
Sejarah

Kartu Tarot adalah sekelompok kartu berjumlah 78 lembar yang umumnya digunakan untuk kepentingan divinasi, spiritual, pencerahan/ realisasi diri. 22 kartu disebut Arcana Mayor dan 56 kartu disebut Arcana Minor. Kartu Tarot yang paling populer adalah Tarot Rider-Waite-Smith yang diciptakan oleh A.E Waite dan ilustrator Pamela Colman Smith. Dokumen sejarah mengindikasikan bahwa Tarot berasal dari Italia. Sampai saat ini, permainan kartu Tarocchi masih sangat populer di Eropa. Kartu ini terbagi dalam dua kelompok yaitu Major Arcana dan Minor Arcana. Tarot yang paling populer saat ini adalah Tarot versi Rider-Waite-Smith. 22 kartu yang tergolong dalam Arcana Mayor sering disebut sebagai kartu trump, yang berarti mereka memiliki keunggulan dibandingkan dengan kartu-kartu Arcana Minor.

Kartu Tarot berasal dari Italia. Pada awalnya, permainan kartu tersebut bernama Carde da Trionfi, atau Kartu Kejayaan (Trionfi: berjaya atau menang, triumph). Sebanyak 28 dokumen tertanggal 1442-1463 mencantumkan permainan kartu bernama Trionfi. Kartu-kartu Trionfi tersebut pun masih dapat dijumpai saat ini. Setelah mendapat pengaruh dari Prancis, nama Trionfi berubah menjadi Tarocchi.

Kepopuleran kartu Tarot diperkirakan bermula sejak Antoine Court de Gebelin menerbitkan sebuah buku pada tahun 1781. Buku tersebut menyatakan bahwa pendeta-pendeta Mesir kuno telah melukis kartu Tarot berdasarkan Buku Thoth. Mereka kemudian membawa gambar-gambar tersebut ke Roma untuk dipersembahkan kepada Paus. Paus kemudian memperkenalkan Tarot ke Avignon, Prancis pada abad ke-14. Penjelasan Court de Gebelin dianggap tidak akurat karena tidak didukung oleh bukti-bukti sejarah dan ditulis sebelum Champollion menerjemahkan bahasa Mesir kuno, Hieroglif (Hieroglyph)

Jalan Utama Hidup

Tarot berarti “jalan utama hidup”. Bangsa Mesir menyebutnya sebagai jalan bangsawan, bahasa Sanskrit menyebutkan roda hidup, sementara bahasa Arab menyebutnya sebagai “turuq” atau empat jalan, sebagaimana yang tergambar dari empat rupa gambar yang terdapat di arkana penunjang.

Dalam Islam, lebih dikenal dengan kata “tarekat”, dan tak heran dalam salah satu ujian akhir seorang penganut suatu paguyuban tarekat Islam menggunakan pengetahuan tarot sebagai batu uji pendalaman tingkat karomahnya, tingkat pencerahannya. Tarot dikatakan sebagai alat mediator mampu mengungkap secercah rahasia di luar ruang dan waktu.

Seni membaca tarot tidak beda seperti menggunakan sebuah kunci untuk membuka pintu suasana hati. Kartu tarot tidak mengandung unsur-unsur kegaiban yang membawa mukjizat atau jalan pintas untuk mencapai tujuan akhir yang menyenangkan nafsu manusia. Tarot juga bukan sarana menolak, apalagi memusuhi suatu keadaan yang tidak disukai, melainkan dipandu untuk menciptakan keselarasan dengan kondisi apapun tanpa harus menipu diri sendiri.

Hingga saat ini, kartu tarot tersedia dalam beragam ukuran dan disain, antara lain dari US Games System Inc yang menerbitkan banyak macam tarot berdasarkan cerita legenda atau adat kebiasaan kehidupan pengembara gipsy, bangsa Indian, filosofi Mesir, Cina, India, dan tokoh legendaris kerajaan Inggris.

Simbolisme Dalam Kartu Tarot

Ilustrasi dan interpretasi Tarot berkembang sejalan dengan perkembangan jaman. Seringkali, ilustrasi Tarot dibentuk untuk melayani pandangan mistis dan kebutuhan penggunanya. Berdasarkan interpretasi Arthur Edward Waite, artis Pamela Colman Smith melukis satu set lukisan Major Arcana. Hasil karya mereka kemudian diterbitkan oleh perusahaan percetakan, Rider Company. Set Tarot ini menjadi set yang paling populer di peradaban modern. Set kartu tersebut dikenal juga dengan sebutan Tarot Rider-Waite-Smith.

Dua puluh dua kartu yang terdapat dalam Arcana Mayor banyak menimbulkan perdebatan, baik arti dari set itu sendiri, maupun interpretasi masing-masing kartu. Secara umum, Arcana Mayor dimengerti sebagai perjalanan hidup the Fool (si Pandir), melalui segala prahala dan rintangan sampai akhirnya dia menemukan kebijaksanaan. Pengertian tersebut diusulkan oleh Eden Gray pada pertengahan abad ke-20. Tarot dikaitkan dengan berbagai bidang studi seperti Astrologi, Numerologi Pythagoras, Kabalah, I Ching, dan lain-lain. Empat simbol Minor Arcana sering diasosiasikan dengan empat elemen dasar: udara (Pedang), api (Tongkat), air (Cawan), dan tanah/batu (Pentacle/Koin).

Sumber: http://hermit777.com


Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

*Harga diatas belum termasuk ongkir (ongkos kirim)
*Pemesanan hubungi 08999003643

 
Copyright 2010 ABRAKADABRA